PINTU LANGIT: Aktivitas Seru & Tiket Masuk [year]

Harga TiketRp5.000
Jam Buka08.00 - 00.00 WIB
Nomor Telepon+62 81234 83 0202
AlamatJl. Raya Tulang, Ledug, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur

Sedang merencanakan perjalanan ke Pulau Jawa bagian timur untuk urusan pekerjaan atau berkunjung ke rumah saudara sekaligus ingin mengeksplor beberapa tempat menarik di provinsi ini? Maka objek wisata hits bernama Pintu Langit bisa dijadikan pilihan. Dari namanya saja sudah sangat unik, bukan?

Pergi ke kota/kabupaten baru memang tidak lengkap rasanya jika tidak mampir ke satu atau dua objek wisata yang ada di sana. Bagi para traveller atau wisatawan yang lebih menyukai nuansa alam dan ingin merasakan kesejukan udara tanpa polusi dijamin akan menyukai objek wisata yang satu ini.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Pintu Langit

Harga tiket masuk ke objek wisata Pintu Langit termasuk sangat murah jika mengingat bahwa tempat ini sudah sangat hits tidak hanya bagi wisatawan Pasuruan tapi juga luar kota. Berikut HTM dan biaya parkir kendaraan:

HargaKeterangan
Tiket masuk per orang (anak-anak dan dewasa)Rp5.000
Parkir motorRp3.000
Parkir mobilRp5.000

Harga Menu Makanan

Harga Menu Makanan Pintu Langit

Berikut daftar nama dan harga makanan yang ada di Pintu Langit berdasarkan informasi dari akun Instagram resminya:

  • Kentang goreng Rp20.000
  • Cireng rujak Rp15.000
  • Bala-bala Rp25.000
  • Crispy dell Rp25.000
  • Sate ceria (mie snack) Rp25.000
  • Kentang + sosis Rp20.000
  • Roti bakar Rp18.000
  • Pisang coklat keju Rp18.000
  • Ketan durian Rp15.000
  • Ketan keju susu Rp12.000
  • Ayam geprek Rp16.000 – Rp18.000
  • Nasi putih Rp5.000
  • Nasi merah Rp8.000
  • Nasi goreng Rp12.000
  • Aneka mie Rp 9.000 – Rp 11.000
  • Aneka varian sushi Rp12.000
  • Dimsum Rp10.000

Jam Buka

Jam Buka Pintu Langit

Meskipun berada di daerah pegunungan, namun destinasi wisata Pintu Langit tetap bisa dikunjungi saat malam hari lho, dan justru pemandangannya akan lebih epic terutama jika kamu ingin berburu foto malam hari dengan landscape hamparan lampu kota yang kelap-kelip dari ketinggian. Berikut jam bukanya:

HariJam Buka
Sabtu, Minggu, dan hari libur Nasional08.00 – 00.00 WIB
Senin – Jumat10.00 – 22.00 WIB

Jika kamu kurang atau bahkan tidak menyukai objek wisata yang terlalu ramai pengunjung, dan ingin lebih merasakan nuansa alam ketika berada di tempat wisata ini, maka kamu bisa menghindari jam-jam padat atau jam favorit pengunjung yang biasanya terjadi di hari Minggu di antara jam 11.00 – 15.00 WIB.

Aktivitas Seru

Aktivitas Seru Pintu Langit

Sebelum benar-benar datang ke objek wisata alam Pintu Langit, sebaiknya kamu perlu tahu dulu nih, apa sih kira-kira aktivitas seru atau menyenangkan yang bisa dilakukan di sini sampai-sampai membuatnya hampir tidak pernah sepi pengunjung? Inilah sederet jawabannya:

1. Nongkrong Outdoor

Iya benar, nongkrong. Kamu mungkin tidak terpikirkan bahwa objek wisata yang satu ini justru memiliki konsep utama sebagai tempat nongkrong seperti di cafe-cafe.

Tempat ini awalnya memang dibuat untuk orang-orang yang mencari tempat nongkrong ala cafe bersama teman atau keluarga namun dengan konsep yang out of the box, yaitu nongkrong outdoor dan bahkan berada di ketinggian bernuansa sejuk ditambah dengan pemandangan alam yang memukau.

Jangan salah, tempat nongkrong yang satu ini tidak hanya cocok untuk para kaum muda dan generasi Z tapi juga berbagai usia termasuk para orang tua yang membawa anak-anak.

2. Ngopi Santai

Nongkrong biasanya tidak lengkap nih jika tanpa adanya minuman seperti salah satunya kopi. Ketika berada di objek wisata Pintu Langit, kamu bisa mencoba kopi khas Pasuruan yang rasanya ciamik.

Desa Ledug yang menjadi lokasi dari tempat wisata ini merupakan salah satu desa penghasil biji kopi paling nikmati di Kabupaten Pasuruan lho. Nama dari kopinya sendiri adalah kopi ledug.

3. Naik Wahana

Dimana lagi bisa menemukan tempat nongkrong atau ngopi yang dilengkapi aneka wahana jika bukan di objek wisata Pintu Langit Prigen.

Karena jumlah pengunjung yang datang semakin hari semakin bertambah dan dari berbagai usia termasuk anak-anak, pihak pengelola menambahkan beberapa wahana seru seperti becak terbang, dermolen, ombak kayu, dan juga bianglala.

4. Kulineran

Bukan hanya kopi asli Pasuruan, di tempat ini kamu juga akan menemukan aneka jenis minuman lain mulai dari es teh hingga jus buah segar. Sederet menu makanan mulai dari camilan hingga nasi goreng dan lainnya juga bisa kamu cicipi.

5. Hunting Foto

Tidak lengkap rasanya jika tidak mengabadikan momen liburan terutama di tempat baru dalam bentuk foto atau video.

Bagi kamu yang hobi berfoto, dijamin tidak akan kehabisan spot karena ada banyak pemandangan menarik di tempat ini seperti salah satunya Bukit Kendil yang bisa didatangi dengan terlebih dulu berjalan kaki sekitar 500 meter ke area puncak.

Ketika sudah berada di puncak, kamu akan melihat sebuah pintu sederhana berbahan kayu yang disebut dengan Pintu Langit. Namun hati-hati ya ketika berada di sini, karena tepat di bawah pintu adalah jurang.

6. Agrowisata

Jika sudah puas ngopi dan bersantai menikmati alam, maka bisa mencoba kegiatan agrowisata dengan bercocok tanam di sebuah lahan yang sudah disediakan.

7. Live Music

Tidak kalah keren dari sejumlah cafe indoor pada umumnya, tempat wisata yang satu ini juga menyajikan live music di hari tertentu dengan latar belakang pegunungan dan gemerlap lampu kota.

Fasilitas

Fasilitas Pintu Langit

Sejumlah fasilitas yang disediakan di objek wisata ini termasuk:

  • Warung makan
  • Toilet umum
  • Aneka wahana
  • Tempat duduk
  • Lahan parkir cukup luas
  • Mushola sederhana
  • Area kemah dan peralatannya

Lokasi dan Rute

Lokasi dan Rute Pintu Langit

Faktor utama yang membuat destinasi wisata Ngopi Bareng Pintu Langit memiliki nuansa sejuk dan segar khas pegunungan adalah lokasinya yang memang berada di kaki sebuah gunung bernama Arjuno. Ketinggiannya sendiri jika dari atas permukaan air laut sekitar 800 meter.

Sedangkan untuk alamatnya sendiri adalah di sebuah Desa bernama Ledug yang berada di Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, tepatnya berada di Jalan Raya Tulang.

Lokasinya termasuk cukup jauh jika dari pusat kota sehingga menjadi sebuah tantangan untuk para wisatawan yang ingin datang. Berikut detail rute dan hal lain terkait lokasi objek wisata ini:

  • Berjarak sekitar 44 km dari pusat kota Pasuruan dan bisa ditempuh dengan berkendara selama sekitar 1 jam 22 menit.
  • Jika datang dari arah pintu keluar Tol Pandaan, maka jaraknya sekitar 11 km dan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 30 menit berkendara.
  • Ketika sudah masuk ke area pegunungan maka nuansa sejuk dan segar akan langsung terasa, ditambah dengan pemandangan alam yang memukau berupa hamparan sawah milik penduduk setempat dan landscape pegunungan yang masih terlihat hijau.

Jika ingin mendapat pemandangan yang lebih indah dan sangat khas pedesaan maka bisa datang saat pagi hari ketika embun di daerah persawahan dan pegunungan masih sangat terasa.

Arus lalu lintas juga belum begitu padat ketika melakukan perjalanan sejak pagi j meskipun di kabupaten ini secara keseluruhan jarang ada macet seperti daerah Jabodetabek.

Berkunjung ke objek wisata Pintu Langit tidak hanya bisa nongkrong dan ngopi asik dengan teman atau keluarga, tapi juga bisa menikmati landscape pegunungan serta menaiki aneka wahana seru yang ada. Menu makanannya juga termasuk lengkap mulai dari lokal hingga Jepang. Banyak spot foto juga, bukan?

Kunjungi juga:

Photo of author

Meluncur

Liburan dengan Cerdas