FLORA WISATA SAN TERRA: Wahana & Tiket Masuk [year]

Harga TiketRp25.000 - Rp30.000
Jam Buka08.00 - 18.00 WIB
Nomor Telepon03413381202
AlamatJurang Rejo, Pandesari, Pujon, Malang, Jawa Timur

Flora Wisata San Terra merupakan salah satu destinasi wisata kekinian yang terletak di kawasan wisata Pujon, Malang, Jawa Timur. Letaknya berada di ketinggian 1200 mdpl menjadikan tempat ini memiliki udara yang sejuk dan segar.

Flora Wisata ini berhasil didirikan pada tahun 2019 silam dengan konsep wisata taman bunga dan beberapa spot foto instagramable. Selain itu, terdapat pula fasilitas pendukung berupa wahana permainan dan taman kuliner ala-ala garden.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Flora Wisata San Terra

Harga tiket masuk Flora Wisata tergolong cukup terjangkau, berikut adalah tabel terkait harga tiket yang ditetapkan:

Jenis TiketHarga
Weekday (Senin – Jumat)Rp25.000
Weekend (Sabtu – Minggu) atau Hari Libur NasionalRp30.000

Harga di atas bersifat kondisional atau masih bisa berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu. Penetapan harga tersebut berlaku untuk anak-anak diatas 2 tahun ataupun orang dewasa.

Jam Buka

Jam Buka Flora Wisata San Terra

Flora Wisata San Terra buka setiap hari pada pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 18.00 WIB. Jam operasional ini berlaku sama, baik itu saat weekday ataupun weekend.

Aktivitas di Flora Wisata San Terra

Aktivitas di Flora Wisata San Terra

Di bawah ini ialah beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan di Flora Wisata:

1. Wisata Swafoto

Sebagai tempat wisata buatan yang didesain dengan konsep selfie, maka kamu bisa menikmati banyak spot foto menarik di tempat ini. Berbagai jenis bunga yang mungkin tidak kamu kenal sebelumnya bisa dijumpai di tempat ini.

Salah satu spot foto yang paling menarik ialah lubang kecil yang terletak di dalam bangunan. Di bagian luarnya, berbagai jenis bunga warna-warni bisa kamu temui nantinya.

2. Berkeliling Deretan Rumah Eropa

Selain swafoto dengan berbagai jenis bunga, kamu juga bisa mencoba spot foto lain berupa bangunan ala-ala Eropa.

Di tempat ini terdapat Little Amsterdam atau sederet rumah khas Belanda yang dicat dengan warna mencolok mulai dari merah sampai kuning.

Tepat di halaman bangunan tersebut juga masih dijumpai taman bunga sehingga Kmu bisa menjadikan kedua perpaduan ini menjadi spot foto yang menarik.

3. Berwisata ala Jepang dan Korea

Tidak hanya nuansa Eropa. Setia pengunjung yang datang juga berkesempatan untuk menikmati wisata ala-ala Jepang dan Korea.

Objek wisata ini memiliki spot yang bernama Little Korea atau sederet bangunan layaknya komplek pertokoan yang ada di Korea dan sejumlah pohon sakura layaknya di Jepang.

Aktivitas seru yang tidak kalah menarik untuk dicoba ialah menyewa pakaian tradisional khas Korea Selatan atau Hanbok. Hal ini bisa digunakan sebagai properti untuk mengabadikan foto bersama dengan sederet bangunan khas Korea.

Selain itu, mengabadikan foto di bawah pohon sakura yang bunganya banyak berguguran juga cukup menarik untuk dicoba.

4. Berkeliling dengan Mobil Golf

Setelah capek hunting foto dengan berbagai jenis bunga dan bangunan yang ada, kamu juga berkesempatan untuk mengelilingi seluruh area Flora Wisata menggunakan Mobil Golf. Dengan mobil ini, kamu bisa mengelilingi seluruh taman bunga dengan cepat tanpa capek.

Mengenai biaya sewa mobil, kamu tidak perlu khawatir karena harganya terbilang masih terjangkau atau ramah di kantong.

5. Mengenal Berbagai Jenis Bunga

Aktivitas menarik selanjutnya ialah wisata edukatif dengan mengenal berbagai jenis tanaman bunga. Dalam objek wisata ini terdapat kurang lebih 700 jenis bunga dengan berbagai karakteristik, warna dan bentuk.

Dengan begitu, kamu bisa mengenal berbagai jenis bunga yang sebelumnya mungkin belum pernah ditemui secara langsung. Aktivitas ini cocok dilakukan oleh orang dewasa maupun anak-anak.

6. Bersantai

Setelah capek berkeliling menikmati suasana taman bunga sekaligus mengenal berbagai jenis bunga, maka kamu bisa beristirahat dengan memanfaatan tempat-tempat istirahat atau gazebo yang banyak dijumpai di tengah taman bunga.

Selain itu, kamu juga bisa beristirahat di atas hamparan rumput sintetis ditemani dengan pesona alam yang indah dan udara yang sejuk.

Itulah 6 contoh aktivitas yang bisa kamu lakukan bersama dengan keluarga, teman ataupun orang-orang terdekat ketika berkunjung ke Flora Wisata.

Sejarah

Sejarah Flora Wisata San Terra

Flora Wisata San Terra merupakan destinasi wisata buatan berupa taman bunga yang dikembangkan untuk wisata ala-ala Eropa, Korea ataupun Jepang. Pembukaan sekaligus peresmian tempat wisata ini dilakukan pada Selasa, 24 Desember 2019.

Kemunculannya sengaja dipersiapkan untuk menyambut datangnya liburan Natal dan Tahun Baru 2020. sampai saat ini, luas seluruh area taman bunga ini mencapai 4 hektar dan masih terus direncanakan untuk perluasan lahan sampai dengan 7 hektar.

Pihak pengelola tempat wisata ini mengungkapkan bahwa perluasan lahan akan terus dilakukan untuk menciptakan wisata alam yang terintegrasi. Dengan kata lain, meski wisata buatan namun keberadaannya bisa menjadikan wisatawan lebih dekat dengan alam.

Target selanjutnya untuk pengembangan tempat wisata ini ialah perluasan lahan sekaligus penambahan fasilitas pembibitan bunga. Hal ini bertujuan agar wisatawan bisa wisata sekaligus belajar mengenai pembibitan bunga.

Fasilitas

Fasilitas Flora Wisata San Terra

Fasilitas Flora Wisata San Terra secara umum terbagi menjadi dua bagian yakni indoor dan outdoor.

Harga tiket masuk yang dibayarkan nantinya sudah mencakup seluruh layanan yang tersedia di tempat ini, terkecuali jika kamu menginginkan membeli salah satu jenis bunga yang tersedia.

Tempat ini menyediakan kurang lebih 700 bunga yang didatangkan dari berbagai daerah di Indonesia maupun mancanegara. Selain bunga asli, terdapat pula bunga imitasi yang dipajang untuk menambah keindahan.

Penanaman dan perawatan berbagai jenis bunga di Flora Wisata dikelola berdasarkan sistem musim. Pada umumnya, pergantian jenis bunga akan dilakukan setiap tiga bulan sekali.

Adapun fasilitas lain yang bisa dinikmati ketika berkunjung ke Flora Wisata adalah sebagai berikut:

1. Area Parkir yang Luas

Fasilitas pertama yang bisa kamu nikmati ketika berkunjung ke Flora Wisata ialah area parkir yang luasnya mencapai 1 hektar.

2. Spot Foto Menarik

Tidak hanya berfoto dengan berbagai jenis bunga, kamu juga bisa menikmati spot foto lainnya seperti Rainbow Wisteria, Little Korea, Little Amsterdam dan Kaktus Raksasa,

3. Wahana Bermain

Sebagai wisata dengan konsep swafoto, Flora Wisata juga menyediakan area permainan seperti trampolin, istana balon, kolam renang, sepatu roda, ontang-anting, bumper car dan Komedi Putar.

4. Kendaraan Wisata

Fasilitas selanjutnya yakni kendaraan wisata berupa kereta dan mobil golf yang bisa digunakan sebagai alternatif ketika kamu tidak ingin berkeliling dengan jalan kaki.

Selain yang telah disebutkan di atas, terdapat pula fasilitas lain seperti toilet umum, musholla dan beberapa tempat makan.

Lokasi dan Rute

Lokasi dan Rute Flora Wisata San Terra

Flora Wisata San Terra terletak di Jurang Rejo, Pandesari, Pujon, Malang, Jawa Timur. Berikut ialah beberapa rute perjalanan yang bisa dilalui dari Kota Malang.

Berangkat dari Kota Malang, kamu bisa mengambil jalan arah menuju Kota Batu. Sesampainya di Alun-Alun Kota Batu, maka ambil jalan ke arah barat ke arah Pujon. Setelah itu, jalan terus sampai menemukan Gapura Selamat Jalan Kota Batu.

Tidak jauh dari Gapura tersebut, gerbang masuk Flora Wisata di sebelah kiri jalan nantinya akan terlihat.

Itulah beberapa informasi terkait harga tiket masuk, jam operasional, aktivitas seru, sejarah, fasilitas dan lokasi serta rute menuju Flora Wisata San Terra. Jika kamu banyak memiliki waktu luang di Malang, maka tidak ada salahnya untuk mampir ke tempat ini.

Kunjungi juga:

Photo of author

Meluncur

Liburan dengan Cerdas