PANTAI TANJUNG PASIR: Aktivitas & Tiket Masuk [year]

Harga TiketRp10.000 - Rp25.000
Jam Buka24 Jam
Nomor Telepon-
AlamatDesa Tanjung Pasir, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Banten

Pantai Tanjung Pasir adalah salah satu destinasi menarik ketika kamu berkunjung ke Provinsi Banten. Pantai ini berlokasi di bagian paling barat Pulau Jawa. Banyak keunikan yang dimilikinya yang tidak ada pada pantai lain.

Letaknya pun tidak jauh dari Bandara Soekarno Hatta, menjadikan akses menuju destinasi ini tidak sulit, melainkan sangat mudah. Karena ini pula, ketika musim liburan datang, banyak pelancong yang berasal dari luar kota juga menjadi wisatawan.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Pasir

 

Harga tiket masuk Pantai Tanjung Pasir cukup murah, yakni mulai dari Rp10.000 saja. Untuk rincian lebih lanjut, silakan simak informasi pada tabel berikut ini.

KATEGORIHARGA
Tiket masuk per orangRp10.000
Tiket masuk dengan kendaraan sepeda motorRp25.000

Jam Buka

Jam Buka Pantai Tanjung Pasir

Menariknya lagi, kawasan pantai ini dibuka publik setiap hari nonstop, 24 jam sehari, mulai hari Senin hingga Minggu. Kamu bisa memilih datang pada malam hari bila hendak merasakan suasana yang lebih tenang.

Aktivitas di Pantai Tanjung Pasir

Aktivitas di Pantai Tanjung Pasir

 

Berikut ini adalah aktivitas menyenangkan yang dapat kamu coba selama berkunjung ke pantai ini.

1. Menikmati Pemandangan Pantai

Dengan garis pantai sepanjang dua puluh kilometer, pantai ini memiliki pasir yang halus. Terbentang dengan warna putih, hamparannya dapat dilihat dari jarang yang jauh. Di sini, kamu dapat pula menyaksikan pulau-pulau eksotis.

Di sekeliling kawasan pantai, ada pohon-pohon hijau tumbuh dengan subur. Pepohonan ini menjadikan suasana di pantai memiliki udara yang sejuk dan tenang. Ini pula yang menjadi daya tarik pantai pasir putih ini.

2. Gathering dan Piknik

Beberapa pelancong kadang kala ada yang mampir dengan rombongan atau beramai-ramai secara berkelompok, baik dengan sahabat, rekan kerja, maupun keluarga. Dengan berlibur di pantai ini, wisata yang kamu rasakan tidak perlu menguras isi dompet terlalu banyak.

Pelancong-pelancong berkelompok ini umumnya memanfaatkan momen dengan tujuan mengakrabkan diri satu sama lain; bercengkrama, duduk bersama, lalu makan dari hidangan khas daerah ataupun dari bekal yang sudah dibawa masing-masing.

3. Berenang

Bibir Pantai Tanjung Pasir kaya akan pasir yang bersih. Anak-anak umumnya gemar dengan kegiatan bermain seperti ini sekaligus bermain dengan air. Tidak kalah dengan mereka, kalangan remaja pun boleh ikut bermain melempar pasir dengan tujuan meramaikan acara berlibur mereka.

Selain itu, sebagai destinasi wisata alam pantai, kamu juga bisa memilih untuk berbasah-basahan dengan berenang. Baik di dekat bibir pantai maupun sedikit ke tengah, kamu dapat berenang dengan ombak pantai yang cenderung tenang.

4. Mengelilingi Pulau-Pulau

Pantai ini menyajikan para wisatawan pemandangan jejeran kapal dengan keberadaan dermaga. Dermaga ini cukup ramai, khususnya pada pagi hari, oleh karena wisatawan yang hendak pergi ke Kepulauan Seribu. Di sini, kamu juga dapat mengelilingi pulau-pulau yang ada di dekat pantai.

Dengan perahu, kamu akan diajak melalui sejumlah titik di pesisir pantai Banten. Panorama laut yang indah menjadikan rute menuju Pulau Untung Jawa adalah rute yang paling digemari. Di tengah perjalanan pada perahu, kamu akan mendapati pemandangan indah dari Kepulauan Seribu.

5. Olahraga Air

Tidak hanya bermain air secara sederhana atau berenang, di Pantai Tanjung Pasir juga tersedia wahana untuk olahraga air. Kamu dapat mencoba salah satu wahana, yakni banana boat. Permainan akan membawa kamu berputar-putar di atas banana boat hingga sampai ke tengah.

Setelahnya kamu akan diceburkan ke air setelah melalui tikungan tajam. Tidak perlu risau akan tenggelam, sebab pengelola mewajibkan untuk mengenakan pelampung, sehingga wahana ini terbilang aman.

6. Menikmati Matahari terbenam

Posisi pantai memang sangat pas untuk memandangi momen matahari tenggelam. Kamu bisa memilih untuk duduk santai dan menghadap pantai, menunggu warna langit berubah dari biru menjadi jingga. Setelahnya, matahari akan turun pelan-pelan di ufuk barat, momen yang apik untuk dipotret.

7. Memancing

Perairan di kawasan pantai ini menjadi lokasi yang disukai oleh masyarakat yang suka memancing. Kamu bersama wisatawan lain boleh mencari dan menentukan titik tertentu yang sudah diberi tanda sesuka hati untuk menunggu umpan dimakan oleh ikan.

Pilihan lain adalah dengan menaiki perahu ke tengah laut agar umpan bisa lebih cepat dilahap oleh ikan-ikan di bawah sana. Sejumlah tambak juga sengaja dijadikan media adu ketangkasan dan keberuntungan dalam menangkap bandeng serta kakap putih.

8. Wisata Kuliner

Ada banyak saung yang dikelola oleh warga sekitar Pantai Tanjung Pasir. Mereka pun bersedia memandu pengunjung untuk bersantap. Menu-menu yang ada adalah santapan khas dari laut, seperti ikan bakar. Kamu bisa menikmati menu di pinggir laut sembari menonton panorama laut dari pantai.

Jika kamu tertarik dengan kegiatan ini, di sekitar pantai memang sudah dibangun beberapa resort dan restoran. Di samping hidangan khas dari laut, resort dan restoran itu juga menghadirkan sejumlah atraksi hiburan, seperti mengolah ikan bandeng bersama para koki di atas tambak.

9. Atraksi dari Tangerang Mangrove Center

Mangrove Center ini terletak di lahan dengan luas 129 hektar. Proses pembangunan akses serta atraksi satu ini menambah poin daya tarik pantai yang sesungguhnya sudah banyak sekali dari awal. Proses pendalaman kawasan sungai dikelola dengan izin kerja sama bersama Koramil dan Perhutani.

10. Menonton Event di Pantai

Satu lagi aktivitas atraksi yang sengaja dilaksanakan secara berkala di pantai ini, yakni Pesta Nelayan Pantai Tanjung Pasir yang diadakan dalam rangka memanjatkan syukur akan hasil laut serta keselamatan nelayan-nelayan ketika mencari ikan.

Pemerintah setempat mengadakan event ini sekaligus sebagai media mempromosikan keberadaan pantai. Acara ini biasanya berlangsung dalam 4 hari 3 malam, sudah termasuk Budaya Cerah Laut (Pesta Laut) yang menghadirkan macam-macam hiburan serta jenis-jenis kuliner.

Hiburan tradisional seperti lenong dan wayang kulit pun tak lupa menjadi bagian acara. Di samping itu, terdapat pula acara syukuran dan doa bersama nelayan-nelayan dan masyarakat setempat. Puncak acara ialah kompetisi perahu hias dengan peserta lebih dari seratus.

11. Wisata Religi

Ribuan masyarakat pemeluk agama Hindu melangsungkan ritual Melasti di pantai ini, yang sekaligus adalah rangkaian dari aktivitas pada Hari Raya Nyepi. Seluruhnya berasal dan semua pura yang ada di Banten, dan semua mengikuti ritual ini.

Pengheningan diri dilaksanakan sebagai upaya dalam memperbaiki kualitas iman. Aktivitas ini digelar di pantai untuk proses mengambil air suci dari tengah laut. Dilakukan di laut dengan alasan sudut pandang umat Hindu yang menyatakan laut sebagai lambang pembersih dari semua hal kotor.

Fasilitas

Fasilitas Pantai Tanjung Pasir

 

Pantai Tanjung Pasir sudah memiliki fasilitas umum yang memadai serta dapat digunakan secara gratis dan berbayar. Sejumlah fasilitas yang ada di antaranya adalah area parkir, toilet, musholla, kamar bilas, warung makan, serta resort.

Kamu juga dapat menemukan toko souvenir di sini jika hendak membeli oleh-oleh khas dari pantai. Ada pula petugas pengawas yang tergabung dari unsur TNI/Polri dengan peran mereka yang memonitor kenyamanan serta keamanan di kawasan pantai.

Pos jaga yang ada pun dapat kamu manfaatkan untuk istirahat dan memperoleh informasi serta meminta persediaan P3K.

Lokasi dan Rute

Lokasi dan Rute Pantai Tanjung Pasir

Destinasi pantai ini berada di Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Teluk Naga, Tangerang, Provinsi Banten. Rute dan akses ke Pantai Tanjung Pasir ini dapat dijangkau dengan durasi 15-20 menit bila kamu berangkat dari Bandara Soetta, atau sekitar satu jam jika berangkat dari Jakarta.

Kamu dapat keluar lewat pintu belakang bandara atau Pintu M1. Kemudian teruskan perjalanan menuju utara sejauh 5 kilometer. Banyak papan petunjuk, sehingga kamu tidak perlu khawatir tersesat. Kamu juga dapat melewati jalan tembus di Kapuk atau Pasar Cengkareng.

Kondisi kedua jalan sangat baik. Bila kamu memulai perjalanan dari Tangerang, kamu akan melalui perjalanan sejauh 25 km untuk tiba di pantai ini.

Bila kamu hendak merasakan keindahan Pantai Tanjung Pasir lebih lama lagi, maka kamu dapat mengambil opsi untuk menginap. Terdapat Tanjung Pasir Resort yang letaknya tidak jauh, bahkan ada beberapa hotel yang berlokasi kurang dari 16 km dari pantai.

Kunjungi juga:

Photo of author

Meluncur

Liburan dengan Cerdas